All for Joomla The Word of Web Design

Parisada Reading Center (PRC): “Taman Baca untuk Menumbuhkan Kemampuan Literasi Sejak Dini”

Tanggal 19 Februari lalu, Parisada Reading Center (PRC) resmi dilauncingkan. Program ini merupakan salah satu program Bagja Sakola yang diselenggarakan oleh Parisada Peduli Umat (P2U). PRC merupakan program penyelenggaraan taman baca yang didedikasikan untuk anak-anak Indonesia. Tujuan dari penyelenggaraan program ini adalah sebagai upaya untuk menumbuhkan minat baca dan budaya literasi pada anak.  Hal ini, terdorong karena menurunnya minat baca masyarakat, terutama di kalangan anak-anak.

Kemampuan literasi penting untuk dikuasai. Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan jaman yang menuntut figur generasi yang berwawasan luas serta memiliki kemampuan komunikasi yang handal. Oleh karena itu, budaya literasi harus terus dikembangkan.

Berbicara tentang konsep, Parisada Reading Center (PRC) menyelenggarakan kegiatan dengan tema fun reading, yaitu perpaduan aktivitas baca dan bermain tematik yang mampu menambah khasanah keilmuan anak-anak. Konsep ini dirancang untuk mengantisipasi kebosanan membaca pada anak. Seperti dalam kegiatan launcing, PRC tidak hanya menggelar buku untuk dibaca tetapi memadukannya dengan lomba mewarnai tingkat SD dan TK, juga story telling yang dipandu oleh Kak Rani dari PicuPacu Kreativitas.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali ini mendapatkan sambutan yang cukup menggembirakan dari masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang membawa anak-anaknya untuk membaca di lapak PRC dalam setiap eventnya. Tentu saja atmosfer tersebut memberikan rasa optimis kepada kami bahwa harapan untuk memiliki generasi yang melek literasi masih ada dan akan terus tumbuh.

Dalam satu tahun awal berdiri, PRC telah melaksanakan kurang lebih 20 kali event. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kegiatan ini tidak hanya sebatas menggelar buku, melainkan dikombinasikan dengan kegiatan lainnya. Kegiatan-kegiatan pendukung taman baca tersebut seperti, lomba mewarnai, story telling, seni origami, penyuluhan kesehatan gigi pada anak, mengenal dunia satwa, mengenal tari tradisional, dan masih banyak lagi. Dengan adanya kegiatan tambahan tersebut, event yang dilaksakanan di Lapangan Gasmin Antapani ini, tentunya didukung oleh pihak-pihak yang bekerja sama dengan PRC, seperti PicuPacu Kreativitas, Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA), Klinik Dokter Kita, Komunitas Musang Bandung, Sanggar Kesenian Galih Permata Sari, dan para relawan dari YPH.

Semoga Parisada Reading Center (PRC) dapat terus berperan aktif dalam membangun budaya literasi sejak dini. Sehingga, terwujud figur generasi unggul dengan wawasannya yang luas serta kemampuan yang handal di berbagai bidang.

%d blogger menyukai ini: