All for Joomla The Word of Web Design

Qurban Bersama P2U

Panitia Penyebaran Qurban Parisada Peduli Umat adalah fasilitas penyaluran dan penyebaran hewan Qurban dari Muqorib yang ingin menitipkan Qurban untuk disalurkan melalui lembaga berwenang Parisada Peduli Umat, untuk diteruskan kembali kepada para penerima Qurban yang sangat membutuhkan di tempat yang minim berqurban. Program ini merupakan wujud peduli dan perhatian kepada sesama umat muslim.

Qurban berasal dari bahasa arab, “Qurban” yang berarti dekat. Qurban dalam islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta,sapi, kambing yang disembelih pada hari raya idul adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Setiap tanggal 10 Dzuhijjah semua umat islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya idul adha. Pada Hari itu, umat islam sangat disunnahkan untuk berqurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah.

Siapa saja yang boleh memakan daging qurban ini sudah dijelaskan oleh Allah dalam surat Al-Hajj, ayat 28:

“Makanlah daging qurban dan berikanlah sebagian pada orang fakir”. (QS. Al-Hajj:28)

Dan surat Al-Hajj ayat 36:

“Makanlah sebagian dari daging qurban, dan berikanlah sebagiannya pada orang fakir yang tidak minta-minta, dan orang fakir yang minta-minta. (QS. Al-Hajj: 36)

Dengan demikian, bagi orang yang berqurban, maka ia sunah memakan sebagian dari daging hewan qurban tersebut, dan membagikannya kepada fakir miskin dengan kriteria prioritas sama seperti dalam bab zakat, yang prioritas utamanya ialah yang paling fakir.

Dalam keterangan hadis lain, dijelaskan pula berapa banyak daging yang kita makan dan kita bagikan:

“Ibnu Umar meriwayatkan dari Nabi SAW dalam masalah qurban, beliau bersabda: “Gunakanlah untuk keluargamu sepertiga daging qurban, berikanlah tetanggamu yang fakir sepertiga, shodaqohkanlah pada orang yang minta-minta sepertiga. (HR. Ibnu Umar)

Dari hadis di atas dapat kita pahami bahwa yang paling baik (afdlal) ialah mengambil sepertiga daging hewan qurban untuk diri sendiri, sepertiga untuk tetangga dan sepertiga lagi untuk yang  lainnya yang meminta.

Faktanya pemerataan penyaluran daging qurban selalu berada di perkotaan, sedangkan di daerah terpencil minim sekali orang-orang yang mampu berqurban, sehingga banyak masyarakat yang merayakan idul adha tanpa memakan daging qurban.

Untuk itu kami mengajak kaum muslimin mengambil bagian dalam mengatasi kesenjangan ini, dengan menitipkan hewan qurban, atau sejumlah uang senilai hewan qurban, atau bahkan daging qurban kepada kami. Insya Allah kami tim P2Q-P2U akan menyebarkannya dengan penuh amanah  dan tepat sasaran.

 

Jazakumullah Khairon Katsiran

Daerah-daerah target penyebaran kami adalah :

  • Batuloceng & Manoko Lembang
  • Cilawu & Pasir Muncang Garut
  • Desa Gambung Ciwidey
  • Palestine (Bekerjasama dengan LAZ lain)

Harga hewan Qurban:

Domba Standar: mulai dari 2.500.000,-

Sapi: Mulai dari 17.500.000,-

Sapi (1/7) mulai dari 2.800.000,-

Transfer Qurban Anda;

Bank Muamalat Indonesia 1120004262 an. Yayasan Parisada Hutama

BCA 3469997007 an Yayasan Parisada Hutama

%d blogger menyukai ini: